Jenis Tumbuhan Yang Tahan di Tempat Terbuka PERSEMAIAN-HUTAN KALIMANTAN: Jenis Tumbuhan Yang Tahan di Tempat Terbuka Jenis Tumbuhan Yang Tahan di Tempat Terbuka | Persemaian PERSEMAIAN-HUTAN KALIMANTAN: Jenis Tumbuhan Yang Tahan di Tempat Terbuka

Jenis Tumbuhan Yang Tahan di Tempat Terbuka


Kegiatan Penanaman pasti dilakukan pada daerah terbuka, memilih jenis tumbuhan yang tahan di terbuka merupakan kunci sukses penanaman




Tujuan pelaksanaa penanaman sangat beraneka ragam, ada yang ditujukan untuk menambah jenis ada juga yang ditujukan untuk memperkaya jenis tumbuhan buah buahan untuk cadangan makanan hewan seperti Orangutan dll.

Namun yang paling banyak tujuan penanaman adalah untuk mengijaukan kebali areal terbuka, dimana areal terbuka identik dengan tampa naungan. dan sangat bersahabat dengan pohon pohon jenis pionir..

Namun kenyataan yang terjadi banyak Penanaman dilakukan namun hasilnya gagal, Dan kegagalan yang terbesar adalah karena terjadinya salah memilih jenis pohon dalam menanam. Sehubungan menanam hanya sebatas proyek maka yang terjadi hanya sekedar menanam walaupun ditinjau dari segi ilmu apa yang ditanam kemungkinan besar akan mati..

Kenapa terjadi Kematian pada proyek penanaman? sebab tanaman yang ditanam adalah jenis pohon intoleran yaitu pohon yang butuh naungan tetapi ditanam ditempat terbuka.

Beberapa ciri tanaman yang bisa ditanam di tempat terbuka:
  • Mempunyai daun kecil, tebal dan mengkilat (seperti dilapisi lilin)
  • Jika berdaun lebar biasanya daunnya berbulu seperti beludru, daun muda tidak berwarna hijau (bisa merah, putih atau warna lainya) 
Contoh Tanaman yang tahan ditempat terbuka:
1. Jenis Pohon Pionir lihat DISINI
2. Meranti balangeran
3. Kapur
4. Renghas
5. Sizygium sp (jambu jambuan)