Cara Perbanyakan Dahu (Dracontomelon dao ) atau Sengkuang PERSEMAIAN-HUTAN KALIMANTAN: Cara Perbanyakan Dahu (Dracontomelon dao ) atau Sengkuang Cara Perbanyakan Dahu (Dracontomelon dao ) atau Sengkuang | Persemaian PERSEMAIAN-HUTAN KALIMANTAN: Cara Perbanyakan Dahu (Dracontomelon dao ) atau Sengkuang

Cara Perbanyakan Dahu (Dracontomelon dao ) atau Sengkuang


Cara Perbanyakan Dahu (Dracontomelon dao ) atau SengkuangSebaran tumbuh Dracontomelon dao  
Seluruh Sumatera, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, NTT, Maluku, Papua, Burma, Thailand, Cambodia.

Musim buah
Oktober – Februari khusus katim tahun 2010-2012 sekitar bulan Mei-Agustus

Pengumpulan benih
Buah masak dikumpulkan dari atas pohon dengan jalan memanjat dibantu dengan galah berkait. Buah masak dicirikan dengan kulit buah berwarna kuning.

Ekstraksi benih
Buah diperam dalam karung selama 1 malam, kemudian digosok dengan tangan sampai daging buah lepas. Setelah itu dicuci bersih, kemudian diangin-anginkan.

Penyimpanan benih
Dengan persen kecambah awal 33%, menjadi 11% setelah disimpan 1 bulan, 7% setelah 2 bulan dan 0,5% setelah disimpan 4 bulan. Benih yang disimpan dalam tabung plastik tertutup pada ruang ber AC masih dapat berkecambah dengan baik (86%) setelah 3 minggu penyimpanan.

Perkecambahan Benih mulai berkecambah pada hari ke 20 dengan rata-rata persen kecambah 33%. Di Malaysia berkecambah 85 – 95% dalam waktu 28 – 67 hari.
Pembiakan Vegetatif .Penanaman di lapangan dapat dilakukan dengan stump/cabutan ukuran .diameter batang 0,5 cm, panjang akar dan batang masing-masing 10 cm.

Persemaian Bibit disapih setelah berumur 1 – 2 bulan dimasukkan kedalam kantong plastik ukuran 10 x 15 cm yang sudah dilubangi bawahnya. Setelah tinggi 20 – 30 cm bibit siap ditanam dilapangan.

Sumber : Atlas Benih Tanaman Hutan Indonesia, Balai Teknologi Perbenihan, Departemen Kehutanan R.I