Fungsi daun bagi Tumbuhan PERSEMAIAN-HUTAN KALIMANTAN: Fungsi daun bagi Tumbuhan Fungsi daun bagi Tumbuhan | Persemaian PERSEMAIAN-HUTAN KALIMANTAN: Fungsi daun bagi Tumbuhan

Fungsi daun bagi Tumbuhan

Fungsi Daun bagi tumbuhan  adalah menyerap energi cahaya dan merubahnya jadi energi kimia


Organ terpenting dari tumbuhan yang tumbuh dari batang ini umumnya mempunyai warna hijau ini disebabkan karena mengandung klorofil. Daun di sebut organ vital bagi tumbuhan karena dalam melangsungkan hidupnya tumbuhan termasuk kedalam organisme autotrof obligat yaitu organisme yang harus memasok kebutuhan energinya sendiri melalui konversi energi cahaya menjadi energi kimia.

Dalam dunia "pegenal jenis tumbuhan" terutama tumbuhan kehutanan, bentuk daun yang beraneka ragam dijadikan pedoman dalam membedakan jenis tumbuhan walaupun bunga dan buah tetaplah menjadi kunci utama dalam membedakan tumbuhan yang mempunyai daun yang sangat mirip.


Seperti kita ketahui bahwa kebanyakan daun berwarna hijau, warna hijau pada daun ini berasal dari kandungan klorofil, Klorofil adalah senyawa pigmen yang berperan dalam menyeleksi panjang gelombang cahaya yang energinya diambil dalam fotosintesis. Sebenarnya daun juga memiliki pigmen lain, misalnya karoten (berwarna jingga), xantofil (berwarna kuning), dan antosianin (berwarna merah, biru, atau ungu, tergantung derajat keasaman). Daun tua kehilangan klorofil sehingga warnanya berubah menjadi kuning atau merah (dapat dilihat dengan jelas pada daun yang gugur).
 

Fungsi Daun Bagi Tumbuhan
  1. Tempat terjadinya fotosintesis.
    pada tumbuhan dikotil, terjadinya fotosintesis di jaringan parenkim palisade. sedangkan pada tumbuhan monokotil, fotosintesis terjadi pada jaringan spons.
  2. Sebagai organ pernapasan. atau respirasi
    Di daun terdapat stomata yang befungsi sebagai organ respirasi. Stoma mengambil CO2 dari udara untuk dijadikan bahan fotosintesis, mengeluarkan O2 sebagai hasil fotosintesis. Stoma ibarat hidung kita dimana stoma mengambil CO2 dari udara dan mengeluarkan O2, sedangkan hidung mengambil O2 dan mengeluarkan CO2. Stoma terletak di epidermis bawah. Selain stoma, tumbuhan tingkat tinggi juga bernapas melalui lentisel yang terletak pada batang. 
  3. Tempat terjadinya transpirasi.
    Transpirasi merupakan proses menguapnya air pada daun. Proses transpirasi terjadi pada daun lewat stomata atau mulut daun yang terdapat pada permukaan daun, dan lebih banyak pada permukaan daun bagian bawah 
  4. Tempat terjadinya gutasi.
    Tempat keluarnya cairan dari dalam tumbuhan. 
  5. Alat perkembangbiakkan vegetatif.
    Daun dapat dijadikan bagian untuk memperbanyak tanaman. contohnya pada tanaman cocor bebek, dan seiring dengan kemajuan teknologi dari sehelai daun dengan teknik kultur jaringan bisa menjadi ribuan individu baru yang sama dengan induknya
   




Semoga bermanfaat ....