Cabutan anak Ulin PERSEMAIAN-HUTAN KALIMANTAN: Cabutan anak Ulin Cabutan anak Ulin | Persemaian PERSEMAIAN-HUTAN KALIMANTAN: Cabutan anak Ulin

Cabutan anak Ulin

Cabutan anakan ulin banyak digemari para pencari bibit ulin 



Pohon Ulin merupakan pohon terkeras dan menjadi maskot bagi Kalimantan, karena kekuatannya ini maka julukan pohon besipun tersemat di pohon ulin.
Pohon ulin mempunyai buah yang lonjong dan besarnya sebesar sekitar diameter 5-10cm sedangkan biji ulin tampa kulit sekitar 3-7cm, seperti kayunya yang keras, biji ulin terlindungi kulit yang keras seperti tempurung kelapa.

Walaupun memperbanyak tanaman ulin dengan menyemaikan bijinya mulai di kembangkan namun pengambilan cabutan anakan ulin masih banyak dilakukan, ini beberapa tip dalam mencari cabutan anakan ulin :

  1. Survey Lokasi dimana ada pohon ulin, apatah lagi jika sudah berdiameter diatas 45cm. biasanya ulin akan mengelompok ini dikarenakan biji ulin yang cukup besar dan berkulit keras sehingga penyebarannya tidak jauh dari induknya yang menjadi salah satu sebab ulin tumbuh berkelompok.
  2. hindari mencari anakan ulin saat musim buah ulin masak dan berjatuhan (antara bulan juli-oktober ulin mulai berbuah). ini untuk menghindari kecelakaan tertimpanya buah ulin.
  3. Ulin termasuk pohon yang sangat cepat pertumbuhannya saat masih anakan (terbalik saat sudah dewasa), bisa dibayangkan sebelum daun membuka dan berfungsi anakan ulin bisa mencapai 20cm
  4. Anakan ulin masih menempel pada bijinya walaupun telah mencapai tinggi 120cm, pada anakan ini alangkah baik menyertakan biji saat pencabutannya dikarenakan prosentasi kematian tampa menyertakan biji pada anakan setinggi ini bisa mencapai 80%
  5. Anakan yang dibawah 35cm bisa dilakukan pengumpulan cabutan tampa menyertakan biji yang menempelnya
  6. anakan yang menyertakan biji yang menempelnya prosentasi bisa hidupnya mencapai 95% 
  7. Pada anakan yang tak menyetakan biji dilakukan pemangkasan daun dimana hanya 2-4 daun saja yang dibiarkan ini untuk menghindari dehidrasi. (kita tahu bahwa daun ulin cukup besar) 

Selamat Berburu Cabutan anakan ulin